Inovasi, inovasi, inovasi. Belakangan ini memang kita disuguhi begitu banyak isu-isu seputar inovasi. Terutama di era globalisasi ini, inovasi terus-menerus dihasilkan. Lalu, apasih sih sebenarnya hasil dari inovasi tersebut yang paling terasa manfaatnya sama diri kita?. Hmm.. pasti bingung emang ngejawabnya disediakan begitu banyak teknologi baru disekitar kita. Tapi kalau bagi saya sendiri, hasil inovasi yang paling bermanfaat dan juga sebuah  the most must item adalah telepon selular. Telepon selular tersebut dari yang awalnya hanya sebuah barang pemuas kebutuhan saat ini bisa dikatakan telah berubah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi kenyakan orang. Telepon selular, atau yang kita kenal dengan sebutan handphone tersebut telah mengalami banyak perubahan dari awal ditemukan. Perubahan yang terjadi dapat terlihat pada gambar berikut:

Ini adalah gambar handphone pertama yang pernah ada. Lihat deh ukurannya, besaar bangeet. Ngga heran kalau banyak orang belum terlalu tertarik untuk membelinya. Terlebih harganya tentu akan sangat mahal. Sekarang handphone udah jadi seperti ini..

Waaaww, jauh banget yaaa perbedaannya. Saat ini kita bisa menemukan begitu banyak telepon selular dengan berbagai feature dan design, dari harga semurah-murahnya sampai yang sangat mahal sekalipun. Ngga heran kalau banyak banget orang yang merasa terdorong untuk membeli sebuah handphone. Ditambah, fungsinya yang semakin meluas. Apalagi nih, orang saat ini cenderung memiliki tingkat aktifitas yang tinggi, tanpa handphone kebayang kan gimana repotnya kita. Sangat merepotkan kalau kita harus pulang dulu ke rumah, lalu memakai telepon rumah untuk menghubungi orang-orang tertentu yang memiliki keperluan dengan kita disaat kita sedang beraktifitas. Dengan handphonepun walaupun terpisah dengan jarak kita tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita tanpa harus berepot-repot mengirim surat yang mungkin baru sampai dalam hitungan hari. Handphone juga merupakan internet berjalan. Seperti yang kita tau, sebagian besar handphone saat ini menyediakan fasilitas untuk berinternet sehingga mudah bagi kita untuk mencari setiap informasi yang kita butuhkan. Handphone saat ini juga berguna sebagai kamera, video, bahkan mp3. Emang deh ga ada yang ngalahin multifungsinya sebuah handphone. Selain fungsi-fungsi di atas, sebenernya masih banyak lagi fungsi-fungsi lain dari sebuah telepon selular. Oleh karena itulah kenapa handphone menjadi sebuah inovasi yang penting saat ini, bagi saya, juga banyak orang lainnya.

 

Advertisements